Untuk meningkatkan kualitas mutu Pendidikan, tidak hanya dengan sistem akademik semata, namun dengan sistem Akreditas perlu ditingkatkan, pendidikan akan semakin Optimal.

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uni
versitas Muhammadiyah Surakarta ( PTI FKIP UMS ) pada bulan oktober yang lalu genap berusia 3 (tiga) tahun, namun di usia program studi yang termasuk masih muda ini tidak mengadakan sebuah perayaan secara besar-besaran seperti program studi lainya yang ada di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Secara resmi sesuai Surat Keterangan Pendirian Program Studi (SK) Pendidikan Tinggi ( Dikti ), Program Studi Pendidikan Teknik Informatika UMS berdiri pada tanggal 25 Oktober 2013, namun mulai menerima peserta didik / mahasiswa baru pada september 2014, sesuai yang kami kutip dari situs resmi Progdi Pendidikan Teknik Informatika UMS, menurut Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Drs Sujalwo, M.Kom  “Menurut saya belum pantas kalau mengadakan milad secara besar-besaran,” ungkapnya, Senin (17/10). Namun Prodi akan lebih memikirkan mengenai bagaimana cara untuk mendapatkan akreditasi dengan segera. 

Beliau lanjut mengungkapkan bahwa kita harus Introspeksi diri, sudah sejauh mana perkembangan program studi ini ( PTI ), beliau juga menginginkan adanya study club, misalnya seperti pemrograman. “Tidak perlu kelompok besar yang penting dalam kelompok tersebut terdiri dari orang-orang yang serius dibidangnya,“tambahnya, Senin (17/10). Kedepannya diharapkan mahasiswa tersebut bisa terjun langsung ke masyarakat dan bisa mengangkat nama baik prodi. Untuk akreditasi program studi, saat ini sudah dimulai penyusunan borang yang akan diajukan kira-kira sekitar bulan Juni 2017, tetapi itu masih dalam target.
Beliau juga berharap, kedepannya Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (PTI) UMS bisa menjadi lebih baik lagi, dapat bekerja sama dengan lembaga luar dan mahasiswa harus berani keluar dari ranahnya untuk terjun langsung bersama masyarakat.