Surakarta, minggu 27 Agustus 2017 telah dilaksanakan pembukaan Program Orientasi Mahasiswa Baru atau biasa disingkat POMB. POMB ini dilaksanakan di gedung i fakultas Hukum.

Dalam pelaksaan, pembukaan tersebut dihadiri oleh Dekan FKIP, Wakil Dekan Tiga FKIP dan seluruh Kepala Program Studi termasuk sekretaris Program Studi yang ada di lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

     Dalam pembukaan diawali oleh pembawa acara, kemudian dilanjut dengan sambutan  Dekan FKIP Prof. Dr. Harun Joko Prayitno. Selain memberikan sambutan, Prof. Dr. Harun juga memberikan materi yang berkaitan dengan Fakultaria agar mahasiswa baru dapat memahami tentang perkuliahan yang segera dijalani oleh mahasiswa baru 2017.

Selanjutnya, Dekan FKIP Memperkenalkan satu persatu Kepala Program Studi agar para Mahasiswa lebih mengetahui siapa Kepala Program Studi jurusannya dan sebagainya, lalu dilaksanakan pemukulan GONG sebagai tanda dibukanya kegiatan Program Orientasi Mahasiswa Baru oleh Dekan FKIP, pemukulan ini disaksikan seluruh Dosen beserta jajaran dan Civitas Akademika FKIP UMS.

Acara selanjutnya adalah Ice Breaking untuk mendinginkan suasana, memberikan semangat kepada Mahasiswa Baru FKIP UMS, kemudian dilanjutkan kembali sedikit materi oleh Dekan FKIP mengenai Program Kreativitas Mahasiswa dan pengenalan Fakultas KIP.